KODIM 1705/NABIRE MELAKSANAKAN UPACARA BENDERA,DALAM RANGKA HARI KELAHIRAN PANCASILA

 

Upacara Hari Pancasila

  Nabire ~ Upacara Bendera Dalam Rangka memperingati hari lahir Pancasila 01 Juni 2023, di Lapangan Sapta Marga Kodim 1705/Nabire, Jalan Jendral Sudirman, Kabupaten Nabire Provinsi Papua Tengah.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang Hari Lahirnya Pancasila. Sebagai Landasan Ideologi Negara Indonesia, Dan Falsafah Negara Indonesia demi memperkokoh Kebinekaan Tunggal Ika di Negara Republik Indonesia khususnya di Provinsi Papua Tengah.


Dalam Upacara Hari Lahir Pancasila yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Bapak Pj Sekda Provinsi PapuaTengah (Valentinus Sudarjanto Sumito) serta Turut hadir dalam kegiatan Upacara Letkol Inf Doni Firmansyah M.Han (Dandim 1705/Nabire). AKBP I Ketut Suarnaya, S.H., S.I.K. (Kapolres Nabire). Letkol Inf Justus Bernard Mara, S. Sos., M.I.P. (Danyonif RK 753/AVT). Mayor Laut (KH) Dominikus Tedju (Danlanal Nabire). Mayor Czi Hery Kisyanto (Danden Zipur 12/OHH Nabire). Kompol Deddy Agustinus Puhiri S.I.K (Danyon Brimob Nabire). Letda Pas Totok (Danpos Pasgat Wil. Nabire). Bpk Yedivia Rum, SH., MH. (Kepala kejaksaan Negeri Nabire). Bapak Rudi Setiawan, SH. (Ketua Pengadilan Negeri Nabire). Bpk. H. Aris Habibudin Syah, S.H.I., M.H (Ketua pengadilan Agama Nabire).


Amanah yang di sampaikan oleh Bapak (Valentinus Sudarjanto Sumito) Pj Sekda Gubernur Papua Tengah, yang bertindak sebagai  Inspektur Upacara, yakni dengan tema “Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global”.


Amanat Upacara Hari Pancasila


Gotong royong merupakan nilai yang melekat pada diri kita sebagai Bangsa Indonesia, kerja sama antar bangsa menjadi kunci untuk mencapai kemajuan Bersama. Tanggal 1 Juni merupakan momen istimewa bagi kita sebagai Bangsa Indonesia, karena pada hari ini kita mengenang lahirnya dasar Negara kita yaitu Pancasila yang membentuk identitas dan persatuan kita sebagai suatu Bangsa. 


Saudara-saudara sebangsa dan Setanah Air Pancasila dan nilai-nilai yang di kandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa Dan Sumber Segala Sumber Hukum. Sesuai dengan pendirian Negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur.


Pengibaran Bendera Hari Pancasila


Saudara-saudara Sebangsa dan Setanah Air, keberadaan Pancasila merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk Bangsa Indonesia. Mari kita mengingat kembali Lima Prinsip yang terkandung dalam dalam Pancasila, Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil Dan Beradab Persatuan Indonesia, Kerakyatan Yang Di Pimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan , Serta Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia


Saudara-saudara Sebangsa dan Setanah Air yang saya Muliakan, Saat kita merayakan hari lahirnya Pancasila, mari kita terus mengingat menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pancasila dalam kehidupan Sehari-Hari, mari kita tetap Menjaga Keutuhan Negara kita untuk Mencapai Cita-Cita Bangsa.


Pasukan Upacara Hari Pancasila


Hari Lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan Dasar Negara Indonesia dan Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa. Dengan lahirnya Lima Sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.


baca juga : Upacara Hari Kebangkitan Nasional


Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan  berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat. Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara, dan Pandangan Hidup Bangsa yang digali dan ditetapkan oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.


kunjungi juga di :

https://linktr.ee/dineka16

Komentar

BERITA TERKINI